Info wisata Pangandaran ter lengkap meliputi paket wisata, hotel, resto, cafe, kuliner, sport dll

Wisata ke Pangandaran? ketahui juga keunikan budaya masyarakat Pangandarannya!!


Pangandaran, suatu daerah di selatan provinsi Jawa Barat yang memiliki potensi wisata yang sangat besar. Keindahan pantainya yang terkenal membuat kawasan pantai wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Kawasan wisata ini juga memiliki sumber daya alam yang baik seperti hasil laut. Oleh sebab itu tidak heran jika banyak travel Bandung-Pangandaran dan kota kota lain yang menyediakan paket wisata pantai Pangandaran

Perlu anda ketahui daya tarik dari pantai wisata Pangandaran tidak hanya pantai dan hasil lautnya saja tetapi pariwisata Pangandaran ini juga memiliki kebudayaan yang menarik untuk diketahui dan disaksikan secara langsung. Dari beberapa kebudayaan masyarakat Pangandaran tersebut, saya akan membahas sedikit dari kebudayaan di pantai Pangandaran tersebut. berikut informasinya.

1. Ronggeng Gunung 

Ronggeng Gunung adalah sebuah tarian yang dimiliki Jawa Barat termasuk Pangandaran. Kesenian ini adalah salah satu aset budaya yang dimiliki Indonesia, negara yang penuh akan berbagai kebudayaan dan kesenian ini. Tari Ronggeng Gunung dipentaskan untuk hiburan dan juga untuk acara acara adat. Ronggeng Gunung ini akan ditampilkan pada saat saat tertentu di daerah Pertanian. 

Wisata ke Pangandaran? ketahui juga keunikan budaya masyarakat Pangandarannya!!
Pementasan Ronggeng Gunung

Menurut sejarah, Ronggeng Gunung adalah sebuah tarian yang menceritakan tentang balas dendam seorang putri dari kerajaan Galuh Pakuan Padjajaran. Putri tersebut bernama Dewi Siti Semboja. banyak yang mengatakan bahwa ia juga adalah salah satu putri dari Prabu Siliwangi. 

Dewi Siti Semboja bermaksud ingin membalas dendam kepada para bajak laut yang telah membunuh kekasihnya Raden Anggalarang. Pada saat pembunuhan itu, Dewi Siti Semboja berhasil melarikan diri dan bersembunyi dibawah kaki gunung. Dewi Siti Semboja bersama para pengiringnya menyamar sebagai penari Ronggeng Gunung. Mereka pun berkeliling Keseluruh wilayah seperti Lingkungan kerajaan dan sekitarnya hingga peelosok pelosok di kaki Gunung hingga menemukan para bajak laut tersebut. 

Wisata ke Pangandaran? ketahui juga keunikan budaya masyarakat Pangandarannya!!
Tokoh tokoh dalam Ronggeng Gunung

Selain bermaksud untuk menceritakan pembalasan dendam Dewi Siti Semboja. Tarian ini juga memiliki gerakan untuk menceritakan kegiatan bertani. kegiatan bertani ini dimulai dari kegiatan membajak sawah hingga membawa hasil padi ke rumah yang sudah berbentuk beras. Tarian ini wajb anda saksikan bila anda berkunjung ke Pangandaran. Jadi sebaiknya anda  yang dekat dengan kawasan ini.

Masih banyak Kebudayaan yang ada di Pangandaran. Pembahasan kebudayaan Pangandaran lainnya akan di bahas di Artikel Selanjutnya >>>

Artikel ini membahas tentang paket wisata pantai pangandaran, pangandaran, pantai wisata, pantai wisata pangandaran, pariwisata pangandaran, travel bandung pangandaran, Bandung-Pangandaran, Kebudayaan di Pangandaran, kebudayaan masyarakat pangandaran, kebudayaan di pantai pangandaran, Kebudayaan yang ada di Pangandaran.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Wisata ke Pangandaran? ketahui juga keunikan budaya masyarakat Pangandarannya!!

0 komentar: